Laman

Saturday, March 3, 2012

Keutamaan Berjalan Kaki ke Masjid


Keutamaan Berjalan ke Masjid

33/1067. Abu Said Al-Khudri RA mengatakan bahwa Nabi SAW bersabda,
 إذا رَأَيْتُمُ الرَّجُلَ يَعْتَادُ المَسَاجِدَ فَاشْهَدُوا لَهُ بالإيمَانِ ، قال اللهُ - عز وجل - : { إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسَاجِدَ اللهِ مَنْ آمَنَ بِاللهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ } الآية  رواه الترمذي، وقال:  حديث حسن
 "Jika kalian melihat seorang yang biasa pergi ke masjid, maka saksikanlah oleh kalian bahwa ia orang yang beriman". Sebagaimana firman Allah Azza wa Jalla, ''Sesungguhnya yang memakmurkan masjid, ialah orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir". (HR. At-Tirmidzi. ia berkata, "Hadits ini hasan").

Keterangan:

Keterangan: Sanad hadits tersebut dha'if, karena ada seorang perawi yang bernama Darraj Abu As-Samah (periwayatannya dari Abu Al Haitsam dha'if). la juga banyak meriwayatkan hadits-hadits munkar, sebagaimana dikatakan oleh Adz-Dzahabi, "Darraj adalah orang yang banyak meriwayatkan hadits-hadits mungkar". Akan tetapi hadits tersebut mempunyai atau mengandung makna yang shahih, seperti pada ayat yang difirmankan oleh Allah SWT tadi, (yaitu orang yang memakmurkan masjid Allah dengan berdzikir, shalat, dan membaca Al Qur'an di dalamnya, mereka adalah orang yang betul beriman).
Lihat Dha'if Sunan At-Tirmidzi hadits no. 490, 600, 601, Dha'if Sunan Ibnu Majah hadits no. 172; Dha'if Jami' Ash-Shaghir hadits no. 509 dan Bahjatun-Nazhirin hadits no. 1060.