Laman

Tuesday, February 28, 2012

Kelebihan dan Kekurangan Facebook


Di bagian ini kita akan membandingkan Facebook dengan situs pertemanan lainnya, khususnya Friendster yang lebih dulu meraih hati pengguna situs pertemanan di Indonesia. Beberapa kelebihan Facebook:
- Walau dengan desain situs yang sederhana dan terkesan minimalis, Facebook menggunakan bahasa pemrograman Ajax yang bisa membuat kita menjelajahi Facebook lebih nyaman.
- Facebook memiliki jumlah pengguna yang besar dan beragam dengan segmen terbesar dari orang muda sehingga tepat untuk Anda yang mencari teman dan ingin berbagi dengan teman-teman Anda. Bayangkan saja, ada 400 juta orang di sana!
- Facebook memiliki aplikasi yang unik dan beragam, mulai dari permainan, simulasi saham, hewan peliharaan virtual, dan masih banyak lagi yang membuat Anda tambah betah berada di sana.
- Anda bisa mengetahui apakah ada teman Anda yang sedang online di Facebook pada saat Anda juga berada di sana.
- Anda bisa langsung chat di Facebook bersama teman Anda yang sedang online juga.
- Penggunanya lebih banyak yang menggunakan nama asli mereka. Hal ini bisa mempermudah Anda ketika mencari seseorang baik pada awalnya atau pada saat mereka sudah berada di daftar teman Anda. Sering sekali kita dibingungkan oleh nama teman kita sendiri di Friendster yang telah mereka ganti menjadi julukan, menggunakan simbol agar bisa berada di daftar teratas, atau bahkan kini menggunakan bahasa lain yang kita tidak mengerti. Beberapa teman saya bahkan menggunakan tulisan kanji dan korea dan dengan foto utama yang tidak jelas, membuat saya bertanya-tanya siapa dia.
- Anda tidak bisa memodifikasi profil Anda dengan template sendiri. Di Friendster Anda bisa melakukan ini dengan memasukkan script HTML dan CSS sendiri.
Kenapa dikategorikan sebagai kelebihan? Tanpa bermaksud mengecilkan hati yang tidak memiliki latar belakang desain, tetapi ada jauh lebih banyak orang yang tidak mengerti desain yang baik dan friendly. Mereka juga menempatkan banyak gambar, musik, dan video yang membuat lambatnya halaman profil tampil. Lebih banyak orang yang membuat profil mereka seperti sebuah tragedi, bahkan membacanya saja sulit dilakukan. Lebih baik mendapatkan teman yang meng-add Anda karena hubungan Anda dengannya, bukan karena menariknya tampilan profil Anda atau hot-nya foto Anda